Description

Menerapkan desain brief dan prinsip dasar komunikasi untuk menciptakan karya desain cover majalah menggunakan perangkat lunak adobe indesign sebagai perancang grafis

Biaya Rp.499.000

Kami Baba Studio telah berdiri selama 17 tahun dengan 130 ribu murid dan alumni. Beberapa Pencapaian Baba Studio
adalah:
1. Peraih Ratusan Penghargaan
2. Termasuk 5 ICT Award dari Menkominfo

Tentang materi

A. JUDUL

Menerapkan Desain Brief Dan Prinsip Dasar Komunikasi Untuk Menciptakan Karya Desain Menggunakan Perangkat Lunak Sebagai Perancang Grafis

Rp. 499.000

Deskripsi pelatihan

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta akan menjadi seorang perancang grafis

Sebagai perancang grafis, peserta dapat merancang pola grafis dan membuat desain berjenis vektor untuk keperluan penerbitan di media daring maupun luring seperti logo, flyer dan WPAP (Wedhas's Pop Art Potrait)

Selain itu, peserta dapat memahami kegunaan tools yang ada pada Corel Draw. Sehingga peserta dapat menggunakan tools itu untuk membuat logo, flyer dan WPAP sesuai dengan kebutuhan

Pelatihan ini dibuat dengan merujuk kepada acuan KBJI 2014 (2166.03) profesi jabatan Perancang Grafis dan menggunakan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Nomor 301 Tahun 2016

Kompetensi yang dilatih dalam pelatihan ini, yaitu :
1. Kompeten memahami apa itu Corel Draw
2. Kompeten menggunakan semua tools Corel Draw
3. Kompeten memahami toolsbox dan penggunaannya
4. Kompeten membuat vektor grafik outline sederhana
5. Kompeten memberikan warna dan shadow grafik vektor

B. KOMPETENSI

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge) :

Dengan mempelajari materi Menerapkan desain brief dan prinsip dasar komunikasi untuk menciptakan karya desain menggunakan perangkat lunak sebagai perancang grafis peserta :

1.Menggunakan tools coreldraw (Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang Corel Draw pada video dengan judul  video Daftar Menu Program, Icon Command Shortcut, Property Bar (Bagian Pertama) 00.00-09.23, video Daftar Menu Program, Icon Command Shortcut, Property Bar (Bagian Kedua) 00.00-10:16, Daftar Menu Program, Icon Command Shortcut, Property Bar (Bagian Ketiga) 00.00-11:28, Daftar Menu Program, Icon Command Shortcut, Property Bar (Bagian Keempat) 00.00-03:18)

2.Menggunakan toolbox (Aspek ini bisa dilihat dari modul modul 2 tentang Corel Draw pada video dengan judul  video Corel Draw video Toolbox Dan Contoh Penggunaannya (Bagian Pertama) 00.00-09:00, Toolbox Dan Contoh Penggunaannya (Bagian Kedua) 00.00-09:04, Toolbox Dan Contoh Penggunaannya (Bagian Ketiga) 00.00-08:47, Toolbox Dan Contoh Penggunaannya (Bagian Keempat) 00.00-11:13 )

3.Membuat outline grafik vektor sederhana (Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang Corel Draw pada video dengan judul  video  Corel Draw video Membuat Outline Graphic Vector Sederhana (Bagian Pertama) 00.00-08:56, Membuat Outline Graphic Vector Sederhana (Bagian Kedua) 00.00-09:05, Membuat Outline Graphic Vector Sederhana (Bagian Ketiga) 00.00-12:07)

4. Memberikan warna dan shadow pada grafik vektor (Aspek ini bisa dilihat dari l modul 2 tentang Corel Draw pada video dengan judul  video Corel Draw video Memberi Warna Dan Shadow Pada Graphic Vector Sederhana 00.00-11.53)

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill) :

Dengan mempelajari materi Menerapkan desain brief dan prinsip dasar komunikasi untuk menciptakan karya desain menggunakan perangkat lunak sebagai perancang grafis peserta :

1.Mampu membuat tools coreldraw (Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang Corel Draw pada video dengan judul  video Daftar Menu Program, Icon Command Shortcut, Property Bar (Bagian Pertama) 00.00-09.23)

2.Mampu dan memahami menggunakan toolbox (Aspek ini bisa dilihat dari modul modul 2 tentang Corel Draw pada video dengan judul  video Corel Draw video Toolbox Dan Contoh Penggunaannya (Bagian Pertama) 00.00-09:00, Toolbox Dan Contoh Penggunaannya (Bagian Kedua) 00.00-09:04, Toolbox Dan Contoh Penggunaannya (Bagian Ketiga) 00.00-08:47, Toolbox Dan Contoh Penggunaannya (Bagian Keempat) 00.00-11:13 )

3. Mampu dan menguasai outline grafik vektor sederhana (Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang Corel Draw pada video dengan judul  video  Corel Draw video Membuat Outline Graphic Vector Sederhana (Bagian Pertama) 00.00-08:56, Membuat Outline Graphic Vector Sederhana (Bagian Kedua) 00.00-09:05, Membuat Outline Graphic Vector Sederhana (Bagian Ketiga) 00.00-12:07)

4. Mampu memberikan warna dan shadow pada grafik vektor (Aspek ini bisa dilihat dari l modul 2 tentang Corel Draw pada video dengan judul  video Corel Draw video Memberi Warna Dan Shadow Pada Graphic Vector Sederhana 00.00-11.53)

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude) :

Dengan mempelajari materi Menerapkan desain brief dan prinsip dasar komunikasi untuk menciptakan karya desain menggunakan perangkat lunak sebagai perancang grafis peserta :

1. Kreatif memerancang desain sesuai dengan konsep awal (Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang Corel Draw pada video dengan judul  video Daftar Menu Program, Icon Command Shortcut, Property Bar (Bagian Pertama) 00.00-09.23)

2. Teliiti dalam melakukan editing menggunakan corel draw  (Aspek ini bisa dilihat dari l modul 2 tentang Corel Draw pada video dengan judul  video Corel Draw video Memberi Warna Dan Shadow Pada Graphic Vector Sederhana 00.00-11.53)

3. Cermat dalam membuat outline grafik vektor (Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang Corel Draw pada video dengan judul  video  Corel Draw video Membuat Outline Graphic Vector Sederhana (Bagian Pertama) 00.00-08:56, Membuat Outline Graphic Vector Sederhana (Bagian Kedua) 00.00-09:05, Membuat Outline Graphic Vector Sederhana (Bagian Ketiga) 00.00-12:07)

C. SASARAN PESERTA

Peserta yang dapat mengikuti pelatihan ini, yaitu :

1. Pendidikan minimal SMA/SMK

2. Memiliki Smartphone dan atau laptop

3. Memiliki pengetahuan dasar-dasar desain

4. Memiliki kreatifitas dan rasa desain (sense of art)

5. Memiliki laptop atau komputer yang sudah terinstall dengan aplikasi corel draw

D. TUJUAN PELATIHAN

Tujuan Umum :

Di akhir pelatihan, peserta dapat mengedit logo, flyer dan merancang WPAP menggunakan Corel Draw sesuai dengan prinsip-prinsip desain

Tujuan Khusus :

Program pelatihan Perancang Grafis Membuat  logo, flyer dan WPAP dengan Corel Draw memiliki tujuan sebagai berikut :

1. Kompeten memahami apa itu  Corel Draw

2. Kompeten menggunakan semua tools Corel Draw

3. Kompeten memahami toolsbox dan penggunaannya

4. Kompeten membuat vektor grafik outline sederhana

5. Kompeten memberikan warna dan shadow grafik vektor

E. SILABUS DAN DURASI

1.Instrumen Instrumen Pada CorelDraw 2017 09:20

2.Daftar Menu Program, Icon Command Shortcut, Property Bar (Bagian Pertama) 09:23

3. Daftar Menu Program, Icon Command Shortcut, Property Bar (Bagian Kedua) Bagian A 05:08

4. Daftar Menu Program, Icon Command Shortcut, Property Bar (Bagian Kedua) Bagian B 05:08

5. Daftar Menu Program, Icon Command Shortcut, Property Bar (Bagian Ketiga) Bagian A 06:20

6. Daftar Menu Program, Icon Command Shortcut, Property Bar (Bagian Ketiga) Bagian B 05:11

7.Daftar Menu Program, Icon Command Shortcut, Property Bar (Bagian Keempat) 03:18

8.Collor Pallete, Page Control, Object Properties, Object Manager (Bagian Pertama) 06:05

9. Collor Pallete, Page Control, Object Properties, Object Manager (Bagian Kedua) Bagian A 06:00

10. Collor Pallete, Page Control, Object Properties, Object Manager (Bagian Kedua) Bagian B 06:00

11.Toolbox Dan Contoh Penggunaannya (Bagian Pertama) 09:00

12.Toolbox Dan Contoh Penggunaannya (Bagian Kedua) 09:04

13.Toolbox Dan Contoh Penggunaannya (Bagian Ketiga) 08:47

14. Toolbox Dan Contoh Penggunaannya (Bagian Keempat) Bagian A 06:10

15. Toolbox Dan Contoh Penggunaannya (Bagian Keempat) Bagian B 05:03

16.Membuat Outline Graphic Vector Sederhana (Bagian Pertama) 08:56

17. Membuat Outline Graphic Vector Sederhana (Bagian Kedua) Bagian A 06:30

18. Membuat Outline Graphic Vector Sederhana (Bagian Kedua) Bagian B 05:23

19.Membuat Outline Graphic Vector Sederhana (Bagian Ketiga) 09:05

20. Memberi Warna Dan Shadow Pada Graphic Vector Sederhana Bagian A 06:07

21. Memberi Warna Dan Shadow Pada Graphic Vector Sederhana Bagian B 06:00

22. 2.1.Membuat Logo Dengan Smartfill Bag_1_Outline Dan Smartfill_1 Bagian A 06:10

23. 2.1.Membuat Logo Dengan Smartfill Bag_1_Outline Dan Smartfill_1 Bagian B 05:00

24. 2.2.Membuat Logo Dengan Smartfill Bag_1_Outline Dan Smartfill_2 Bagian A 05:13

25. 2.2.Membuat Logo Dengan Smartfill Bag_1_Outline Dan Smartfill_2 Bagian B 05:00

26. 2.3.Membuat Logo Dengan Smartfill Bag_1_Outline Dan Smartfill_3 Bagian A 06:15

27. 2.3.Membuat Logo Dengan Smartfill Bag_1_Outline Dan Smartfill_3 Bagian B 06:12

27. 24.Membuat Logo Dengan Smartfill Bag_4_Gradient Fill Untuk Memberikan Warna 07:48

29. 2.5.Membuat Logo Dengan Smartfill Bag_5_Memberikan Aksen Bayangan Bagian A 05:30

30. 2.5.Membuat Logo Dengan Smartfill Bag_5_Memberikan Aksen Bayangan Bagian B 05:23

31. 2.6.Membuat Logo Dengan Smartfill Bag_6_Memberikan Drop Shadow Dan Presentation Sheet Bagian A 05:29

32. 2.6.Membuat Logo Dengan Smartfill Bag_6_Memberikan Drop Shadow Dan Presentation Sheet Bagian B 05:29

33.3.1.1.Membuat Flyer Lipat 2 Dengan Smartfill Bag_1_Outline Untuk Smartfill_1 08:32

34. 3.1.2.Membuat Flyer Lipat 2 Dengan Smartfill Bag_2_Outline Untuk Smartfill_2 bagian A 05:00

35. 3.1.2.Membuat Flyer Lipat 2 Dengan Smartfill Bag_2_Outline Untuk Smartfill_2 Bagian B 05:00

36.3.1.3.Membuat Flyer Lipat 2 Dengan Smartfill Bag_3_Outline Untuk Smartfill_3 08:54

37. 3.1.4.Membuat Flyer Lipat 2 Dengan Smartfill Bag_4 Bagian A 06:15

38. 3.1.4.Membuat Flyer Lipat 2 Dengan Smartfill Bag_4 Bagian B 05:12

39. 3.1.5.Membuat Flyer Lipat 2 Dengan Smartfill Bag_5 07:40

40. 3.1.6.Membuat Flyer Lipat 2 Dengan Smartfill Bag_6 08:56

41. 3.1.7.Membuat Flyer Lipat 2 Dengan Smartfill Bag_7 Bagian A 06:17

42. 3.1.7uat Flyer Lipat 2 Dengan Smartfill Bag_7 Bagian B 06:15

43. 1.Membuat Flyer Lipat 2 Dengan Smartfill Halaman Dalam Part 1 09:00

44. 3.2.2.Membuat Flyer Lipat 2 Dengan Smartfill Halaman Dalam Part 2 Bagian A 05:07

45. 3.2.2 Membuat Flyer Lipat 2 Dengan Smartfill Halaman Dalam Part 2 Bagian B 05:00

46. 3.2.3.Membuat Flyer Lipat 2 Dengan Smartfill Halaman Dalam Part 3 Bagian A 06:01

47. 3.2.3.Membuat Flyer Lipat 2 Dengan Smartfill Halaman Dalam Part 3 Bagian B 06:00

48. 3.2.4.Membuat Flyer Lipat 2 Dengan Smartfill Halaman Dalam Part 4 Finishing Dan Closing 04:05

49. Introduction To WPAP_Rules And Faceting_01 Bagian A 05:10

50. Introduction To WPAP_Rules And Faceting_01 Bagian B 05:06

51.Membuat Facet Dengan Pen Tools_02 Bagian A 06:09

52. Membuat Facet Dengan Pen Tools_02 Bagian B 06:00

53. Membuat Facet Dengan Pen Tools_03 Bagian A 05:10

54. Membuat Facet Dengan Pen Tools_03 Bagian B 05:08

55. Membuat Facet Dengan Pen Tools_04 Bagian A 06:12

56. Membuat Facet Dengan Pen Tools_04 Bagian B 06:12

57. Membuat Facet Dengan Pen Tools_05 Bagian A 05:09

58. Membuat Facet Dengan Pen Tools_05 Bagian B 05:09

59. Membuat Facet Dengan Pen Tools_06 Bagian A 05:17

60. Membuat Facet Dengan Pen Tools_06 Bagian B 05:17

61.Membuat Facet Dengan Pen Tools_07 07:05

62.Menggunakan Smartfill Dan Fungsi Color Eyedropper_1 09:44

63.Menggunakan Smartfill Dan Fungsi Color Eyedropper_2 07:54

64.Menggunakan Interactive Fill Dan Untuk Mengubah Warna Menjadi Pop Art_1 08:08

65. Tips Mengexport File Bagian A 06:26

66. Tips Mengexport File Bagian B 05:26

67.Menggunakan Interactive Fill Dan Untuk Mengubah Warna Menjadi Pop Art_2 08:00

68. Pembukaan 03:24

69. Pengenalan Instruktur 00:29

TOTAL DURASI : 7 JAM, 11 MENIT, 16 DETIK

F. KAPASITAS JENIS/KELAS PELATIHAN

Tidak terbatas

G. METODE AJAR/LATIH DAN EVALUASI PESERTA

Metode Ajar yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu self pace learning.

H. DATA INSTRUKTUR DAN RIWAYAT PROFESI

Nama Instruktur : Yulian Darmawan

Profil Tenaga Pelatih : Lahir di Bekasi pada tanggal 05 July 1990, Yulian  menempuh pendidikan Strata 1 di Universitas BSI bekasi. Memiliki pengalaman lebih dari 7 tahun dibidang Design (Adobe Illustrator,Adobe Photoshop, CorelDraw, Adobe AfterEffect, Adobe Premiere)

 I. JENIS/KLASIFIKASI SERTIFIKAT

Certificate of Completion

J. MEKANISME EVALUASI :

Mekanisme Evaluasi pada program pelatihan ini yaitu :
1. Soal quiz
2. Soal-soal Post Test
3. dan Penugasan


Hasil yang didapat dari kursus ini

Di Materi ini kamu akan mempelajari: 

1. Pengenalan Dasar Penggunaan Adobe Indesign
     a. Pengenalan Software Adobe Indesign
     b. Cara menggunakan Adobe Indesign
     c. Pengenalan Lembar Kerja di Adobe Indesign
     d. Membuat Cover Majalah dengan Adobe Indesign
     e. Menambahkan Background Text Frame dengan Adobe Indesign  
     f. Membuat Text Two Columns
     g. Membuat Master Pages

2. Membuat Table dengan Adobe Indesign

3. Menambahkan Styles pada Content dengan Adobe Indesign
     a. Bagaimana Menambahkan Styles pada Character
     b. Menambahkan Styles pada Paragraph
     c. Membuat Styles pada Cell

Curriculum

    • 1.1 Intro
    • 11:45
    • 1.2 How To Access Adobe InDesign After Installation
    • 03:56
    • 1.3 Study Case & How To Get Exercises Sources
    • 07:02
    • 1.4 Workarea In Adobe In Design
    • 13:55
    • 1.5 Implementation Text On Create Magazine Cover Part 1
    • 14:37
    • 1.6 Implementation Text On Create Magazine Cover Part 2
    • 16:06
    • 1.7 Implementation Text On Create Magazine Cover Part 3
    • 16:15
    • 1.8 Implementation Text On Create Magazine Cover Part 4
    • 03:49
    • 1.9 Background On Text Frame
    • 30:32
    • 1.10 How Make Text Two Coloumns Part 1
    • 14:57
    • 1.11 How Make Text Two Coloumns Part 2
    • 04:52
    • 1.12 How Make Text Two Coloumns Part 3
    • 14:38
    • 1.13 How Make Text Two Coloumns Part 4
    • 11:41
    • 1.14 Master Pages Part 1
    • 09:51
    • 1.15 Master Pages Part 2
    • 06:37
    • 1.16 Master Pages Part 3
    • 14:37
    • 2.1 How To Create Table In Adobe InDesign Part 1
    • 14:41
    • 2.2 How To Create Table In Adobe InDesign Part 2
    • 07:11
    • 2.3 How Make Content List In Magazine With Tabs
    • 17:09
    • 3.1 Character Styles
    • 15:21
    • 3.2 Paragraf Style Part 1
    • 18:54
    • 3.3 Paragraf Style Part 2
    • 05:01
    • 3.4 Cell Styles
    • 07:44

Atau Tambahkan Ke

Includes:
  • Materi Up to Date
  • Sertifikat Resmi
  • Instruktur selalu Online
  • Tersedia tampilan mobile

Metode Pembayaran bisa dilakukan dengan cara :

  1. Transfer ATM
  2. Mobile Banking
  3. Internet Banking
  4. SMS Banking